PADJADJARAN INDIE FEST: LET’S BURN YOUR INDEPENDENT TASTE

(Penampilan The Girl with The Hair sebagai Pemenang Favorit Audisi Band PIF 2016) Foto: Zahra Fajri

(Penampilan The Girl with The Hair sebagai Pemenang Favorit Audisi Band PIF 2016)
Foto: Zahra Fajri

Bandung, Sabtu 1 Oktober 2016 – D3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis berhasil menggelar konser musik yang bernama PADJADJARAN INDIE FEST Volume 1. PADJADJARAN INDIE FEST atau yang bisa disingkat dengan PIF adalah sebuah wadah kreasi serta apresiasi bagi kaum muda yang menggeluti sekaligus mencitai musik indie. PIF digelar di Lapangan Parkir Selatan Universitas Padjadjaran Dipatiukur Bandung, mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.00 dan disaksikan oleh ratusan penonton. PADJADJARAN INDIE FEST berhasil menyita perhatian penonton karena menampilkan beberapa bintang tamu, diantaranya adalah Candies Animal, The Galer, Aufklarung, The Midnight Journey, Oscar Lolang, Mustache and Beard, serta special performance dari Fiersa Besari.

PADJADJARAN INDIE FEST dibuat dengan tema  “House of  Indie” atau bisa disebut rumah bagi pecinta musik indie. Pada dasarnya, musik indie adalah musik yang independen karena tidak bergantung pada label musik. Musik indie cenderung menciptakan lagu sesuai dengan lagu yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan. Banyak orang yang berpikir jika musik indie tidak terlalu laku di pasaran. Kenyataannya, musik indie memiliki ciri khas masing-masing dan sangat menarik. Sementara tagline dari acara ini adalah Let’s Burn Your Independent Taste, maksudnya adalah agar semakin banyak orang yang menghargai musisi-musisi yang bergerak dengan cara independent.

Awal mula pembentukkan PIF bertujuan untuk menyatukan berbagai organisasi. Karena PIF mengusung 5 LK dan 3 BSO yang berada di D3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tidak hanya main event, PIF juga menyelenggarakan pra event yang tidak kalah seru. Pra event PIF diisi dengan adanya audisi band. Audisi tersebut diikuti oleh 13 band indie, yang diambil menjadi 3 juara serta 1 juara favorit. 13 band indie tersebut tersebar di daerah Bandung yang ternyata mereka sudah memiliki rekaman lagu sendiri dan ada yang pernah diundang ke luar negeri. Hal tersebut membuktikan bahwa musik indie memiliki pamor yang bagus dan laku di pasaran. Sementara pemenang audisi tersebut adalah Foxfort sebagai juara 3, Tamija sebagai juara 2, dan Happy Man sebagai juara 1, serta  The Girl with The Hair sebagai juara favorit. Keempat band tersebut mengisi acara pada main event dari PIF.

Main event PADJADJARAN INDIE FEST tidak hanya menampilkan acara musik, melainkan terdapat beragam stand serta culinary night. Acara tesebut terlihat menarik karena penambahan dekorasi ratusan kaset vcd yang digantung mengelilingi tempat berlangsugnya acara. “Tahun depan, depan, depannya lagi agar terdapat volume 2, 3, 4 dan seterusnya, agar terciptanya keberagaman musik-musik Indie serta semakin menghargai keberagaman yang ada,” ujar Novita, ketua pelaksana PIF 2016 mengenai harapan PIF mendatang. (RZ/AHGF)

0

Komentar