Sawung Jabo dan Sirkus Barock Gelar Peristiwa Kebudayaan di Kota Bandung yang Bertajuk “Bicaralah Dengan Cinta”

Sapitri Sri Mustari
648 views

Sawung Jabo bersama Sirkus Barock menggelar konser yang bertajuk “Bicaralah Dengan Cinta” pada Sabtu (21/01) lalu. Konser ini juga berkolaborasi dengan berbagai musisi diantaranya Budi Cilok, Hari Pochang, Abah Iwan Abdulrachman, Sri Krishna Encik, dan Baluna. Bertempat di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat di Bandung, konser bertajuk “Bicaralah Dengan Cinta” ini membawakan beberapa lagu dari beberapa musisi, khususnya penampilan dari Sawung Jabo dan Sirkus Barock itu sendiri. Sirkus Barock  juga dimeriahkan oleh para punggawa yang turut ambil bagian dalam konser kali ini yaitu, Toto Tewel sebagai pemain gitar elektrik, Joel Tampeng sebagai pemain akustik elektrik gitar, Ucok Hutabarat sebagai pemain biola, Bagus Mazasupa sebagai pemain elektrik piano/keyboard, Denny Dumbo sebagai pemain perkusi dan suling, serta Ruben Pangingkayon sebagai pemain akustik gitar.

Tajuk dari konser ini sendiri menjadi salah satu lagu yang ditampilkan dalam konser kali ini. Lagu tersebut diambil dari salah satu album “Anak Angin” yang rilis pada tahun 2012. Setahun setelah dirilisnya album ini, Sawung Jabo dan Sirkus Barock kemudian mengadakan pertunjukan di Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat. Lalu setelah sepuluh tahun lamanya, Sawung Jabo dan Sirkus Barock kembali mendatangi Kota Bandung di tempat yang sama serta menggelar acara yang bertajuk “Bicaralah dengan Cinta”.

Dibandingkan dengan istilah konser, acara kali ini lebih dikenal atau disebut dengan “Peristiwa Kebudayaan” yang juga didukung oleh DCDC atau djarumcoklat.com. Sebelum acara inti dilakukan di dalam teater tertutup, pada sore harinya terdapat penampilan musik dari Budi Cilok yang membawakan beberapa lagu miliknya serta membawakan salah satu lagu Iwan Fals yang berjudul Bento. Lagu tersebut dibawakan bersama Hari Pochang dan para musisi lainnya dengan iringan harmonika. Selain menampilkan pertunjukan musik, dilakukan lelang baju official dari acara Sawung Jabo dan Sirkus Barock ini. Baju yang dilelang bukan hanya baju official polosan saja, tapi sudah bertanda tangan lengkap dari para musisi yang hadir pada acara tersebut. 

Sirkus Barock sendiri adalah band yang didirikan oleh Sawung Jabo sejak tahun 1976, pertunjukan musik Sirkus Barock selalu sarat dengan nuansa teatrikal. Vokal yang garang dan berkharisma membuat konser dari Sirkus Barock ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. “Walaupun gak banyak ngomong Jabo ini, saya menangkap bahwa kehadirannya di tempat ini sebetulnya ingin menjembatani kembali kecintaan yang murni kepada alam kepada kehidupan dan mempersembahkannya kepada teman-teman, supaya menjadi inspirasi bagi kita. Rek beda politik, rek beda naon ge, atuh sia teh da biasa perbedaan mah , tapi cinta jangan menjadi cacat gara-gara itu.” ungkap Abah Iwan dalam sesi pengantarnya sebelum pertunjukan dilakukan.

Ungkapan Abah Iwan menjelaskan bahwa konser kali ini bukanlah hanya sekadar konser biasa, tetapi tentu memiliki makna dibalik pemilihan judul lagu utama yang digunakan. Sesuai dengan salah satu bait di lirik lagu ‘Bicaralah Dengan Cinta’ ini yaitu:

Jangan merasa suci, jangan suka membenci

Dengarkan nuranimu, bicaralah dengan cinta

Jaga kata-katamu, jaga kelakuanmu

Dengarkan nuranimu, bicaralah dengan cinta

Bait dari lirik lagu di atas sangat lugas sehingga memberikan makna yang tentu dapat dipahami secara langsung ketika mendengarnya, kalimat yang mudah dicerna tanpa perlu pikir panjang atau menelaah kata per kata. Hal tersebutlah yang menjadi alasan lain dari faktor pemilihan judul lagu sebagai tajuk konser.

Setelah konser ini diadakan di Bandung dengan riuh gemuruh, perjalanan “Bicaralah Dengan Cinta” kembali digelar di Bogor pada 28 Januari 2023. 

guest

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Lainnya

Inspirasi Budaya Padjadjaran