Putra Putri Padjadjaran 2022 : Gelar Duta Kampus Sekaligus Pembawa Pesan Perubahan

Dwi Aditya Martin
141 views

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kema Universitas Padjadjaran melalui Departemen Seni, Budaya, dan Olahraga kembali menggelar ajang pemilihan Putra Putri Padjadjaran. Tahun ini, Pemilihan Putra Putri Padjadjaran 2022 mengusung tema “Nataprawira Bajra Bumi Pertiwi“ yang artinya pemimpin teguh seperti intan permata yang berbudaya sebagai duta Padjadjaran untuk bumi pertiwi.

 Ajang Putra Putri Padjadjaran ini bertujuan untuk mencari duta kampus yang diharapkan dapat  menghasilkan nilai-nilai terbaik dan juga menjadi representasi atau role model sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran. Sebanyak 32 finalis yang memiliki semangat kebudayaan terpilih dari 16 fakultas bersaing untuk memperebutkan gelar Duta Universitas Padjadjaran.

Seperti ajang pemilihan duta pada umumnya, ajang Putra Putri Padjadjaran 2022 dilaksanakan dalam beberapa tahapan seperti speech perkenalan finalis, photoshoot, unjuk kabisa, dan masa karantina. Masa karantina tersebut dilaksanakan secara online maupun offline.

Selama proses karantina online, para finalis dibekali berbagai macam materi oleh pemateri yang kompeten dibidangnya. Pematerian meliputi isu-isu yang nanti akan diangkat dalam Putra-Putri Padjadjaran 2022. Isu-isu tersebut meliputi gender equality, mental health, diversity, serta climate crisis. Tak hanya itu, para finalis juga diberi materi mengenai pengetahuan Unpad, isu-isu sosial Unpad, kebudayaan Sunda, dan critical thinking. Masa karantina online berlangsung selama 4 hari, yaitu tanggal 8,11,12, dan 13 Juli 2022.

Selanjutnya, dalam masa karantina offline para finalis kembali mendapat beragam materi seperti personal branding, public speaking, character building as campus ambassador, dan leadership. Selain itu, para finalis juga diajarkan berperilaku layaknya duta dengan mengikuti catwalk class, beauty class, dan motion challenge. Berbeda dengan masa karantina online sebelumnya, karantina offline berlangsung selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 14-16 Juli 2022.

Setelah melewati tahapan tersebut, para finalis mengikuti acara puncak babak Grand Final Putra Putri Padjadjaran 2022 pada Sabtu (06/08) di Bale Santika Unpad dan disiarkan secara live di kanal Youtube Putra Putri Padjadjaran pukul 15.00 WIB. Babak Grand Final meliputi rangkaian acara yang akan menentukan siapa pemenang Putra Putri Padjadjaran, 1st Runner-Up, 2nd Runner-Up, dan gelar atribut lainnya.

Acara diawali dengan perkenalan seluruh finalis dan para juri yang terlibat, yaitu Dr. Taufik Ampera M.Hum selaku Manajer Riset; Inovasi dan Kemitraan FIB Unpad; Karina Aulia Mintahir S.Hum yang merupakan Duta Museum DKI Jakarta dan juga 2nd runner up Putri Padjadjaran 2018; dan Mohamad Desgia yang merupakan Duta Pendidikan Indonesia 2018 dan Mahasiswa Berprestasi 2019.

Acara Grand Final dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai pihak, yaitu Project Officer Putra Putri Padjadjaran 2022, Alifa Mutiara; Kepala Departemen Seni, Budaya, dan Olahraga BEM KEMA Unpad, Aditya Nugraha; Ketua BEM KEMA Unpad, Virdian Aurelio Hartono atau yang kerap disapa Iyang; dan sambutan yang terakhir disampaikan oleh Perwakilan Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni yaitu Drs. Sudarma M.M.

“Pada tahun 2022, BEM KEMA Unpad kembali mengadakan Putra Putri Padjadjaran karena kami percaya bahwa Putra Putri Padjadjaran itu bukan tentang ‘persekumpulan pergantengan dan percantikan’, tetapi PPP adalah ‘Pemimpin-Pemimpin Padjadjaran; PPP adalah ‘Pembawa Pesan Perubahan’; PPP adalah ‘Penyair Perikeadilan dan Perikemanusiaan’,” ucap Ketua BEM Kema Unpad 2022, Virdian Aurellio H saat menyampaikan sambutannya.

Setelah seluruh sambutan disampaikan, Grand Final dimulai kembali dengan pengumuman 11 besar Putra Putri Padjadjaran 2022. Pemilihan 11 besar ini diambil dari penilaian yang meliputi interview, Unjuk Kabisa, dan performa para finalis dalam melaksanakan challenge yang diberikan. Seluruh finalis yang masuk ke dalam 11 besar Putra Putri Padjadjaran akan menyampaikan opininya terkait lima isu sosial, yaitu mental health, diversity, world class university, climate crisis, dan sexual violence.

Grand Final kembali dilanjutkan dengan pengumuman 5 besar Putra Putri Padjadjaran 2022. Para finalis yang lolos di tahap 5 besar akan mengikuti sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, para finalis akan memilih pertanyaan yang sudah disediakan oleh panitia secara acak dan menjawab langsung pertanyaan tersebut. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan meriah dari Komunitas Musik Fikom (KMF).

Rangkaian acara Grand Final disambung dengan sesi pengumuman 3 besar Putra Putri Padjadjaran 2022. Finalis yang lolos ke tahap 3 besar kembali mengikuti sesi tanya jawab yang disampaikan secara langsung oleh para juri. Sesi ini dilanjutkan dengan penampilan spesial dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan Universitas Padjadjaran yaitu Lingkungan Seni Sunda Unpad.

Rangkaian acara Grand Final ditutup dengan acara puncak pengumuman Putra Putri Padjadjaran. Dalam sesi ini juga diumumkan pemenang 1st Runner-Up, 2nd Runner-Up, dan gelar atribut seperti Best Talent Putra Putri Padjadjaran, Favorite Putra Putri Padjadjaran, Putra Putri Persahabatan, dan Putra Putri Intelegensia.

Gelar kategori Best Talent Putra Putri Padjadjaran 2022 diraih oleh Yusuf Bastiar dari Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Rahmi Tazkiya A.R dari Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan; kategori Favorite Putra Putri Padjadjaran 2022 dinobatkan kepada Raden Fabian M.H serta Nashatra Malicca, delegasi dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Psikologi; gelar kategori Putra Putri Persahabatan diraih oleh Farhan Aidil Suhartono dan Alegra Asiah Hidayat yang merupakan delegasi dari Fakultas Psikologi dan Fakultas Keperawatan; dan gelar kategori Putra Putri Intelegensia diraih oleh Dhandy Rizaldy I. dari Fakultas Peternakan dan Amiira Mazaya dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

Sementara itu, gelar Putra Putri Padjadjaran 2022 dinobatkan kepada Gaizzka Metsu Wilsensa dari Fakultas Ilmu Budaya dan Ayumi Yuliani Fuji dari Fakultas Kedokteran Gigi. Sementara itu; 1st Runner-Up Putra Putri Padjadjaran 2022 diraih oleh Dinda Yusuf Tsary A. dan Almas Fatin Hanan D. dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya; dan 2nd Runner-Up Putra Putri Padjadjaran 2022 diraih oleh Samuel Joseph Jeremia dari Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik dan Mutia Syifa dari Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Dengan adanya ajang Putra Putri Padjadjaran 2022, diharapkan para pemenang dan seluruh finalis yang berpartisipadi dapat terus menginspirasi dan menjadi contoh yang baik di lingkungan Universitas Padjadjaran dengan terus mengobarkan semangat kebudayaan dan semangat Padjadjaran.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Lainnya

Inspirasi Budaya Padjadjaran