Lulusan Leiden University Perkenalkan Budaya Hindu dan Buddha Melalui Ukiran Perunggu

Sadrina Suhendra
59 views

Lulusan ternama jebolan Universite Sorbonne Nouvelle, Paris dan Leiden University, Dr. Mathilde Mechling memberikan materinya pada program Lecture Series yang diadakan oleh Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad), Senin, 7 November 2022.

Pada kelas umum ini, Mechling menyampaikan materinya yang berjudul “An Introduction to Buddhist and Hindu Bronze Sculpture in Southeast Asia: Examples from Indonesia, Cambodia, and the Thai-Malay Peninsula”.

Materi yang disampaikannya kali ini termasuk hasil disertasinya di Universitas Leiden yang berhasil dipertahankannya pada awal tahun 2020 berjudul “Buddhist and Hindu Metal Images of Indonesia: Evidence for Shared Artistic and Religious Networks Across Asia (c.6th-10th century)”.

Dalam pemaparannya, Dr. Mechling mengungkapkan berbagai peninggalan kebudayaan perunggu di zaman Hindu-Buddha di Indonesia, Kamboja, dan Semenanjung Thailand-Malaysia. Dr. Mechling pun menjelaskan banyak hal mengenai kebudayaan perunggu zaman Hindu-Buddha pada daerah-daerah tersebut seperti model arca yang ditemukan, bahan-bahan pembentuk arca, penemuan lempeng prasasti serta candi-candi, dan masih banyak lagi.

Kelas umum ini menjadi salah satu sarana yang sangat baik untuk menambah wawasan terutama bagi mahasiswa program studi Ilmu Sejarah. Dr. Mechling menyampaikan bahwa banyak sekali kebudayaan yang bisa ditemukan dari lempengan-lempengan perunggu, arca, dan candi peninggalan masa lalu. Pemaparan ini berhasil membuka pandangan para mahasiswa program studi Ilmu Sejarah bahwa seluruh aspek sejarah bisa ditemukan di mana saja, bahkan yang terkubur di bawah pijakan manusia.

Selama dua jam pemaparannya di Aula Pertemuan Lantai 3 Gedung B FIB Unpad, para peserta kelas umum yang sebagian besar mahasiswa Prodi Ilmu Sejarah FIB Unpad mengikuti secara seksama lembar demi lembar salindia yang ditampilkannya. Begitu juga dengan lebih dari 100 peserta yang menyimak secara daring karena kegiatan ini digelar secara hybrid. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya-jawab antara pemapar dan peserta.

Sebagai catatan, program Lecture Series yang menghadirkan ilmuwan kelas dunia sebagai bagian dari FIB World Class University Program.

BACA JUGA Tulisan lain dalam rubrik Liputan dan Berita atau tulisan Sadrina Suhendra lainnya.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Lainnya

Inspirasi Budaya Padjadjaran