Berkenalan dengan FIB: BLURadio

 

Hak milik : bluradiojtr.com

Hak milik : bluradiojtr.com

 

Berminat mengenal dan belajar mengenai dunia broadcasting?

Ingin tahu bagaimana rasanya menjadi menjadi penyiar radio?

FIB punya BLURadio yang bisa mengakomodasi keinginan tersebut.

BLURadio muncul atas ide beberapa mahasiswa Sastra Inggris angkatan 2008 untuk membuat  radio jurusan. Atas gagasan tersebut, berdirilah BLURadio pada tahun 2009. Meski diprakarsai oleh mahasiswa Sastra Inggris, namun radio ini bertujuan untuk mewadahi semua jurusan di FIB. Namun, pada awal tahun berdiri, anggota BLURadio masih didominasi oleh mahasiswa Sastra Inggris. Akhirnya, pada tahun 2013 BLURadio menjadi KKM legal di FIB dan anggotanya mulai bervariasi dari berbagai jurusan. Setelah berjalan lebih dari 3 tahun lebih, BLURadio tetap berkomitmen untuk mewadahi semua mahasiswa FIB yang mempunyai minat mengenal dan belajar tentang dunia broadcasting.

“Sebagai satu diantara media yang berada di FIB, BLURadio  bertindak sebagai media penyampai informasi dan hiburan khususnya bagi mahasiswa di Jatinangor dengan membuat program siaran streaming sebagai sajian utamanya,” ujar Athif Aiman, pemimpin BLURadio periode 2014.

Selain itu, BLURadio juga mempunyai kegiatan lain seperti  mengenalkan bentuk berkegiatan layaknya di radio swasta untuk anggotanya, dan setiap tahunnya mengadakan  studi banding ke radio swasta anak muda yang ada di Bandung. Tidak lupa, diadakan pula pelatihan untuk seluruh anggota di semua divisi yang terdapat di radio ini. “Pelatihnya berasal dari senior yang telah terlebih dahulu bergabung di BLURadio, maupun langsung dari lembaga belajar broadcasting yang ada di Bandung,” tambah Athif.

Hak milik : bluradiojtr.com

Hak milik : bluradiojtr.com

BLURadio terus berinovasi menghasilkan program-program siaran yang menarik. Mulai tahun 2014, BLURadio mempunyai 11 program prime time yang disiarkan mulai pukul 7 sampai 11 malam dari hari Senin sampai Kamis setiap hari kuliah. Sebelas program tersebut adalah “Tech1”, “Ceuk aink”, “Blur Belajar Budaya”, “BLUR vs Mereka”, “College Rock”, “MWTv – Movie Without Television”, “S.Hum – Sarjana Humor”, “Diorama – Dua jam Obrolin Asmara”, “Playbox”, “BLURchart”, dan “Ladies Parking”.

Bila kegiatan perkuliahan sedang libur, siaran BLURadio pun turut libur. Namun jangan khawatir, pada liburan panjang seperti libur semester , BLURadio acapkali membuat program spesial seperti “BLURsat” yang secara terbuka mengundang siapa pun untuk mencoba siaran di BLURadio. Selain itu, terkadang anggota BLURadio mengadakan siaran sendiri yang bersifat tentatif.

Sejauh ini, BLURadio telah mempunyai 48 anggota yang berasal dari seluruh FIB. Berminat menjadi satu diantaranya? Bersiaplah, karena mulai hari pertama Opera Budaya FIB 2014, radio ini akan mengadakan Open Recruitment untuk anggota baru tahun 2014/2015. Info lebih lanjut dapat diakses lewat web BLURadio di http://bluradiojtr.com/.

0

Komentar