Ketentuan Kirim Artikel

Pena Budaya menerima berbagai artikel yang membahas tentang macam-macam topik. Berikut syarat dan ketentuannya

  • Rubrik yang memuat artikel adalah rubrik Sudut Pandang (Opini), Sastra (Cerpen dan Puisi), Resensi (Buku, Film, dan Musik), Malam Jumat FIB dan Isu FIB. 
  • Kontributor wajib melampirkan identitas (Nama lengkap, domisili, akun media sosial, nomor kontak, instansi, dan jurusan kalau perlu) dan atribusi (profil singkat) di atas tulisan. 
  • Tuliskan judul dan isi tulisan kamu di bodi email dan kirimkan ke redaksi@penabudaya.com dengan subjek: Judul Tulisan_Nama Rubrik
  • Semua tulisan yang kamu kirimkan dan telah masuk ke surel kami tetap menjadi hak milik kamu. Pena Budaya akan memberikan notifikasi jika tulisanmu sudah dimuat yhaaa.
  • Jika dalam waktu 1 bulan kamu tidak mendapat notifikasi dari Pena Budaya, itu artinya (dengan sangat berat hati) tulisanmu belum saatnya untuk dimuat di sini. Kamu berhak mengirimkan tulisanmu ke media lain atau boleh banget mengirimkannya ke sini lagi dalam bentuk yang sudah direvisi hehe.
  • Redaktur Pena Budaya mempunyai hak untuk menyunting tulisan dan memutuskan apakah suatu tulisan bisa dimuat atau tidak.
  • Tulisan adalah karya orisinal kamu yang tidak pernah dimuat di media manapun ya. Namun, apabila kamu punya tulisan yang pernah dimuat di media lain yang terasa penting untuk di sebarluaskan lagi kepada masyarakat FIB, bisa banget kamu kirimkan lagi di sini asalkan dengan mencantumkan sumber asal tulisanmu (sesuai dengan ketentuan media sebelumnya)
  • Sebisa mungkin kamu melakukan penataan dasar sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) seperti penggunaan huruf kapital di awal judul, tanda baca, dan sebagainya ya.
Berikut adalah ketentuan dari masing-masing rubrik:

Rubrik ini Memuat artikel-artikel ringan dari anak-anak Unpad khususnya anak-anak FIB. Mau bahas apa aja terserah. Bisa topik-topik sosial, politik, seni, ekonomi, sejarah, filsafat, budaya pop hingga asmara (hiyaaa) atau apa pun yang dirasa penting untuk diketahui masyarakat FIB asalkan tulisanmu nggak mengandung unsur menyerang SARA, hoax dan ujaran kebencian! Apakah kamu punya unek-unek yang terus bersembunyi dan ingin disambatkan? Silahkan kirimkan tulisanmu ke sini!

Rubrik ini memuat panjang tulisan minimal 400 kata 

Rubrik yang berisikan tulisan-tulisan pengalaman horror yang dialami warga FIB maupun warga di luar FIB yang pernah berkunjung ke FIB. 

Panjang tulisan minimal 400 kata.

Ditulis dengan bahasa yang ringan dan pembawaan yang santai, slengekan pun tidak apa-apa (ibaratkan kamu sedang asyik bercerita ke teman kamu).

Kami menyarankan untuk menulis satu pengalaman horror yang spesifik. Semakin khas, akan semakin mantap.

Menulislah dengan efektif. Jangan menganggap pembaca tidak tahu apapun, tapi jangan pula menganggap mereka tahu seluruhnya tentang tulisan kamu.

Rubrik yang membahas segala isu yang sedang terjadi dan berkembang di FIB. 

Panjang tulisan minimal 600 kata.

Bahasa yang digunakan bebas, disesuaikan dengan isu yang akan dibahas. Misalnya: Kalau mau ngebahas isu kekerasan seksual, akan lebih baik jika bahasanya semi formal, tapi tetap tidak kaku (ingat, kamu tidak sedang buat makalah).

Jabarkanlah argumen kamu dengan runut, singkat, dan tidak bertele-tele. Namun, jika kamu berpikir bahwa menulis lumayan panjang itu diperlukan untuk menyampaikan pemikiran dan anggapan kamu, maka jangan ragu melakukannya.

Resensi film, buku dan musik wajib mengirimkan file gambar sampul buku, poster film ataupun album musik dengan format jpeg/jpg yang beresolusi baik.

Artikel ditulis dengan bahasa yang ringan dan luwes secara padat sekitar 600-1.000 kata.

Cerpen ditulis dengan tema bebas, tidak mengandung unsur SARA, dengan panjang 3.500-5.000 kata dan menggunakan bahasa Indonesia.

Puisi menggunakan bahasa Indonesia dengan tema serta gaya bahasa bebas. Puisi akan diposting setiap edisi. Penulis diperkenankan untuk menggunakan nama pena bila diperlukan atau nama asli. 


Khusus untuk puisi kirim ke link berikut:


bit.ly/PuisiPenbud

Email Redaksi: Redaksi@penabudaya.com