Berkenalan dengan FIB: Himasa, Himpunan Mahasiswa Sastra Arab

himasa3

Selamat datang, para mahasiswa baru Sastra Arab Universitas Padjadjaran!

Himasa (Himpunan Mahasiswa Sastra Arab) adalah organisasi resmi setingkat BEM yang ada di lingkungan Sastra Arab. Himasa  mewadahi segala bentuk aspirasi dan kegiatan mahasiswa Sastra Arab, khususnya yang berkaitan dengan akademik, sebagaimana fungsi himpunan di setiap jurusan.

“Organisasi ini mempunyai tujuan untuk membentuk mahasiswa yang mengabdi serta berakhlak mulia kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Adapun usaha yang kami kembangkan adalah dengan membina kepribadian mahasiswa, progresif-inovatif dalam akademik, partisipatif-kreatif dalam organisasi, dan responsif dalam sosial.” ujar Tri Permadi, ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Arab periode 2014.

Usaha-usaha dari tujuan tersebut didukung dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh Himasa, diantaranya:

  1. Olimpiade Himasa : kegiatan yang menunjang penalaran, minat, dan bakat mahasiswa yang dikemas dalam bentuk perlombaan-perlombaan antar angkatan. Kegiatan ini diadakan dua kali dalam satu kepengurusan.
  2. Resital : kegiatan yang khusus mengapresiasi minat dan bakat mahasiswa yang dikemas dalam bentuk penampilan seperti baca puisi, drama, menyanyi, dan menari.
  3. Qism Al-lughah dan Qowaid: kegiatan ini khusus mewadahi mahasiswa yang ingin lancar berbicara bahasa Arab dan memahami tata baca bahasa Arab. Dengan kegiatan yang diadakan oleh Qism Lugoh ini, diharapkan mahasiswa mampu berbicara bahasa Arab dengan baik dan benar baik, ‘Amiyah ataupun Fushhah.
  4. Studi Banding : kegiatan studi wisata ke universitas lain, kedutaan, ataupun lembaga kebahasa-araban lainnya, dengan tujuan sharing keilmuan dan metode pembelajaran dan keorganisasian.
  5. Arab Fest: kegiatan dalam bidang penalaran, minat, dan bakat dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya, seperti perlombaan antar siswa se-Jawa Barat, antar mahasiswa se-Indonesia, seminar, workshop, donor darah dan lain-lain.

Lalu, bagaimana cara untuk menjadi anggota Himasa? Sebenarnya, seluruh mahasiswa Sastra Arab adalah anggota Himasa, namun untuk menjadi pengurus Himasa, ada jenjang yang harus dilalui. Calon pengurus minimal sudah satu sampai dua semester aktif dalam kegiatan-kegiatan Himasa. Selain itu, mereka juga harus mengikuti LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi) yang diadakan kaderisasi Himasa, serta harus melaksanakan LDPM (Latihan Dasar Pengembangan Motivasi) dan Makrab (Malam Keakraban) yang dikhususkan bagi mahasiswa baru.

Demikianlah gambaran tentang Himasa. “Semoga ke depan organisasi ini semakin baik dan melahirkan organisatoris- organisatoris yang pandai dalam keilmuan dan berorganisasi. Terima kasih.” ujar Tri menutup wawancara. (UK/DR)

0

Komentar