BERBURU BEASISWA BERSAMA OSCARS

Seminar bersama awardee LPDP, Arie Ariyanto, mahasiswa Sastra Sunda Universitas Padjadjaran. (Foto: Sifa Deana)

Seminar bersama awardee LPDP, Arie Ariyanto, mahasiswa Sastra Sunda Universitas Padjadjaran.
(Foto: Sifa Deana)

Siapa sih yang tak mau kuliah bebas biaya, tak membebani orang tua bahkan menerima dana bulanan? Pasti semua orang menginginkan semua itu, apalagi dengan cara yang sangat mudah. Tapi, yang menjadi masalah adalah terbatasnya lembaga-lembaga yang mewadahi segala informasi yang berkaitan dengan beasiswa. Biasanya kita hanya terpaku pada beasiswa-beasiswa yang terpampang di Paus Id dan untuk informasi tentang itu semua kita hanya mengandalkan informasi website seadanya. Satu-satunya jalan adalah bertanya kepada pihak BEM yang mengetahui informasi beasiswa, dan lagi-lagi biasanya terbatas ruang dan waktu. Apalagi dengan berbagai kesibukan mereka.

Oscars (Opportunity for Obtaining Education Through Scholarship), acara yang mewadahi mahasiswa yang kesulitan untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa, baik luar maupun dalam negeri. Acara ini merupakan proker Kementrian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM GAMA FIB. Dalam acara yang berlangsung pada hari kamis, 20 oktober 2016 ini disediakan stand-stand yang memberikan informasi lengkap tentang berbagai beasiswa. Di stand tersebut, kita dapat bertanya langsung seputar beasiswa yang tersedia. Bahkan untuk orang-orang yang mempunyai mimpi kuliah di luar negeri, Oscars sangat membantu. Seperti Dina Adinnisa, Sastra Sunda 2014, yang sangat menginginkan kuliah di Eropa, menurutnya acara ini sangat direkomendasikan, banyak informasi seputar universitas-universitas di sana juga informasi seputar kondisi negara tersebut.

Manik, FK 2016, mengaku menjadi lebih tau program-program yang menyediakan beasiswa dari acara ini. “”Semoga kedepannya Oscars lebih baik dan bisa nampilin program beasiswa yang lainnya dan lebih banyak stand-stand yang lain juga hiburannya lebih menarik lagi.” tambahnya.

Rainy Dwi Putri, FK 2016 berharap acara ini lebih diketahui banyak orang, karena menurutnya acara seperti ini sangat bermanfaat.

Oscars kali ini bekerja sama dengan beasiswa Djarum, Campusfrance, DAAD German, LPDP dan banyak lagi. Rangkaian acara Oscars ini selain expo juga ada seminar dan talkshow yang masih seputar beasiswa. Ini merupakan kali kedua pelaksanaan acara Oscars, dan acara ini akan terus diadakan rutin setiap tahun.

“Harapan saya dari acara ini, semoga mahasiswa yang datang nyempetin diri ke acara ini pulang bawa sesuatu buat dia, motivasi buat dia, biar bisa lebih gigih mengejar beasiswa.”  Ujar Sifa Afifah Kaldi, Ilmu Sejarah 2013 selaku ketua pelaksana Oscars 2016.

Beasiswa bukan saja untuk ia yang kurang mampu, beasiswa diberikan untuk orang-orang yang berprestasi yang ditujukan sebagai bentuk apresiasi untuk orang-orang hebat agar tak berhenti berkarya dan berprestasi. Yang perlu diingat untuk kita yang telah mendapatkan beasiswa adalah memberikan balasan yang baik kepada pemberi beasiswa. Salah satu hal kecil adalah dengan mempertahankan nilai dan aktif dalam kegiatan kampus yang positif. (Naugust)

0

Komentar