Mengapa Belum Lulus?

(gambar diambil saat di Jepang)

(gambar diambil saat di Jepang)

Manusia rasanya akan selalu mempunyai tujuan untuk dicapainya. Sama halnya dengan tujuan seseorang berkuliah. Ada banyak alasan di antaranya menambah pengetahuan, meningkatkan status sosial, mendapatkan posisi lebih baik saat mendapat pekerjaan, memperoleh ijazah, lulus, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana dengan mahasiswa tingkat akhir yang belum lulus? Apakah dia mempunyai masalah dengan skripsinya ataukah dia merasa kesulitan dengan kuliahnya? Atau ada faktor lainnya? Ataukah ia tidak mempunyai tujuan setelah lulus?

Abrori Abdul rozak (Aboy) adalah mahasiswa dari jurusan Sastra Arab angkatan 2010. Ia adalah salah satu mahasiswa yang mencintai kebudayaan. Namanya besar setelah berada dalam Lingkung Seni Sunda Unpad (LISES) yang mengantarkannya sampai ke Jepang. Selain di Lises, Kang Aboy pun giat dalam kegiatan kebudayaan seperti Bandung Creative City Forum (BCCF). Ketika kami mewawancarai Kang Aboy, ia berkata bahwa ada banyak pengalaman yang ia dapatkan ketika berada dalam kegiatan-kegiatan tersebut, salah satunya adalah bagaimana ia bisa turun tangan dalam kegiatan penyelamatan budaya Indonesia. Lalu bagaimana dengan skripsinya? “Sebenernya lama lulus karena keasyikan main di organisasi, waktu semester 7 atau 8 udah ngambil skripsi, tapi karena asik di organisasi jadi lupa sama akademik” tutur Kang Aboy saat kami wawancarai.

Pada kenyataannya memang aktif di organisasi itu tentu baik karena banyak hal yang tidak  bisa kita dapatkan di kelas, akan tetapi abai terhadap kewajibkan pun tidak bisa dibenarkan karena bisa tidak seimbang antara akademik dan non-akademik. Tentu sesuatu yang berlebihan akan menjadi negatif sekalipun hal itu baik apalagi sesuatu yang timpang. Nah dari cerita kang Aboy ini kita bisa mengambil pelajaran bagaimana mencetak prestasi dengan niat baik dan ketekunan sehingga kita bisa mencapai apa yang orang lain belum tentu bisa capai. (Nunung Nurjanah)

0

Komentar