(Foto: Fahmadina Aisyah)

JATINANGOR – Perpanjangan jam operasional Perpustakaan FIB dari pukul 16:00 -18:00 WIB akan segera terlaksana. Berawal dari banyaknya mahasiswa yang merasa tidak puas akan jam tutup perpustakaan yang berbarengan dengan jam pulang kuliah, BEM Gama FIB melalui Departemen Riset dan Kajian Budaya beinisiatif untuk memperjuangkan kebijakan jam buka perpustakaan lebih lama hingga pukul 18:00.

Tentu bukan proses yang sebentar untuk mewujudkan kebijakan baru tersebut. Hal ini diawali dengan perekrutan calon pustakawan dari kalangan mahasiswa FIB pada bulan Maret lalu, lantas dilanjutkan dengan tahap pengarahan dari pihak perpustakaan kepada para calon pustakawan. Saat ini proses telah berada pada tahap akhir yaitu pemberian instruksi resmi dari pihak dekanat kepada pihak perpustakaan.

“Insya Allah mulai minggu ini (jam) operasional tambahan perpustakaan akan mulai dilaksanakan” ujar Anugrah Rahmatulloh, Kepala Departemen Riset dan Kajian Budaya BEM Minggu pekan lalu (7/4).

Namun, besebrangan dengan pernyataan pihak BEM, Kepala Pepustakaan FIB, Rani Rosantina, menyatakan belum bisa seratus persen setuju untuk menyerahkan pengoperasaian perpustakaan kepada mahasiswa. “Belum tahu kapan (pengoperasian jam tambahan perpustakaan) akan dilaksanakan. Dan di perpustakaan ini kan banyak koleksi referensi, saya kurang yakin mahasiswa yang akan berjaga nanti bisa menjaga koleksi-koleksi ini dengan baik” tuturnya kepada Pena Budaya ketika ditemui Jumat lalu (5/4).

Penugasan para pustakawan ini dilakukan melalui pemberian pelatihan terlebih dahulu sebagai upaya BEM untuk meyakinkan pihak perpustakaan. Para calon pustakawan juga akan dilibatkan dalam proses restorasi yang biasa dilakukan pada setiap Jumat di pekan terakhir tiap bulan. Pustakawan mahasiswa FIB juga hanya akan ditugaskan di ruangan baca tanpa melakukan kegiatan sirkulasi seperti peminjaman dan pengembalian buku.

Dari pihak dekanat melalui Inu Isnaeni sendiri selaku Manajer Akademik dan Kemahasiswaan sudah mengizinkan operasional perpustakaan diperpanjang. Adapun pekan ini akan segera diserahkan surat instruksi dari dekan kepada pihak perpustakaan sehingga pemberlakukan jam operasional perpustakaan yang baru bisa segera terlaksana.

Anugerah berharap dengan diperpanjangnya jam operasional perpustakaan nanti semoga mahasiswa FIB dapat memanfaatkan dan menjaga perpustakaan dengan baik, Ia juga berpesan agar mahasiswa dapat terus meningkatkan budaya literasi khususnya di lingkungan sastra.

“Saya tunggu kontribusi teman-teman untuk memakmurkan perpustakaan dan meingkatkan literasi di FIB, baik petugas maupun pengunjung” tutupnya.

Reporter          : Fahmadina Aisyah

Editor              : Fikry Ainul Bachtiar