Sumber: akun Twitter Hank Green.

An Absolutely Remarkable Thing adalah novel debut Hank Green yang terbit pada tanggal 25 September 2018. Di halaman ‘About the Author’, Hank Green mendeskripsikan dirinya sebagai berikut: seorang vlogger, pengusaha, komunikator sains, dan mungkin beberapa hal lainnya. Hank Green memang terkenal akan produktivitasnya, sehingga bukan hal yang aneh jika ‘pekerjaan’nya yang lain hanya akan ditulis dengan ‘beberapa hal lainnya’. Hank Green adalah CEO Complexy, perusahaan yang memproduksi video. Di Youtube, Hank Green dapat ditemui di beberapa saluran, seperti Crash Course, SciShow, dan Vlogbrothers—saluran yang diisi oleh Hank dan kakak kandungnya, John Green, penulis fiksi remaja yang salah satu karya populernya adalah The Fault in Our Stars.

Seperti John Scalzi, salah satu penulis buku terlaris New York Times, saya tahu bahwa Hank akan menjadi penulis yang bagus, tapi saya jelas tidak menduga bahwa Hank akan menuliskan sesuatu sebagus An Absolutely Remarkable Thing dalam percobaan pertamanya. Buku ini bukan hanya kisah beberapa teman yang tiba-tiba menjadi penting dan terkenal setelah mengunggah video yang menonjolkan robot raksasa—kemudian dinamai Carl—di Manhattan pada pukul 3 pagi.

An Absolutely Remarkble Thing ditulis dalam sudut pandang orang pertama dan melalui lensa protagonis biseksualnya, April May. Dengan begitu, pembaca dapat merasa lebih dekat dengan tokoh utamanya dan bisa mengetahui pikiran dan isi hatinya yang digambarkan dengan kejujuran. Penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan deskripsi yang mengalir membuat kisah April sangat menyenangkan untuk diikuti.

Melalui An Absolutely Remarkable Thing, Hank Green mengutarakan pikiran-pikirannya mengenai banyaknya perbedaan yang kita, umat manusia, miliki. Pemilihan tokoh utama biseksual, telah mengungkapkan bahwa Hank menerima adanya lebih dari satu seksualitas, bahwa homoseksualitas sama validnya dengan heteroseksualitas. Dalam buku ini, April dikisahkan menjalin hubungan dengan teman sekamarnya, Maya. Berikut adalah ucapan April mengenai seksualitasnya di halaman 81:

But I happen to not be… just gay. I’m gay and straight? It’s great, I don’t even know what it would be like not to be attracted to a person because of their gender. To me, you’re the weird one”.

Selain masalah seksualitas, Hank juga menuangkan pikirannya mengenai permasalahan warna kulit di Amerika, kasus drug addiction, terorisme, dan lain sebagainya.

Dari semua permasalahan yang dibahas, tentu ada masalah utama yang menjadi pusat pergerakan kisah April, yaitu ketenaran dunia maya, ketenaran yang bisa didapatkan dalam satu malam. Sebagai seseorang yang memulai segalanya dengan Youtube, Hank Green tentu memahami ketenaran dunia maya dan telah membagikan pemahamannya tersebut melalui kisah April. Sebagai karakter, April mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan itu mencakup definisi diri yang April punya, tujuan-tujuan, dan proses pengambilan keputusan. Bukan lagi melihat dirinya sebagai manusia, April mulai mendefinisikan dirinya sebagai brand. Bersamaan dengan meningkatnya konflik cerita, April juga harus menghadapi konflik batinnya sendiri. Carl, robot raksasa yang telah berperan dalam melejitkan nama April May, ternyata bukan sekadar robot di trotoar ramai di Manhattan. Kehadirannya bukan hanya menjadi bahan bakar bagi ketenaran April, tetapi juga menjadi bagian penting, luar biasa, dan tak terduga bagi kehidupan April—kemudian, bagi manusia dan kemanusiaan itu sendiri. Betapa mengesankannya untuk bisa membaca peran Carl, sebuah robot, dalam memahami kemanusiaan.

Seringkali, ketenaran membuat orang merasa lebih, memiliki kekuatan, dan mendapatkan perlakuan spesial. Hal ini, walaupun lumrah, agaknya terasa aneh jika dipikirkan kembali. Apa yang membedakan orang-orang terkenal dengan rakyat biasa? Dengan ketenaran, seseorang dapat mengutarakan pendapatnya dan mendapatkan dukungan atau ketidaksetujuan sebagai respon. Namun, tentu saja, dengan ketenaran, pendapat seseorang menjadi lebih berarti.

Semua masalah, ide, dan pembelajaran yang dapat diambil dari An Absolutely Reamarkable Thing dikemas dalam cerita misteri yang seru, cerdas—Hank menggunakan media kreatif dan pengetahuan umum—, dan menggugah selera membaca. Bukan hal yang berlebihan jika saya mengatakan bahwa buku ini page-turning dan sangat mengagumkan. Buku ini memang pantas untuk bertengger di peringkat ke-2 dalam kategori Bestseller Fiction New York Times dan peringkat ke-1 dalam kategori Hardcover Fiction. An Absolutely Remarkable Thing adalah buku yang harus dibaca oleh semua orang. (Silvy).