Ilustrasi: Ila

Mungkin sebagian orang masih asing dengan kegiatan memanah atau, hanya tahu sekilas lewat film, kisah sejarah, dan sebagainya. Padahal, sekarang ini sarana panahan sedang marak berkembang. Mulai dari klub resmi yang melatih atlet, hingga hanya sekedar wahana rekreasi di taman-taman hiburan. Ya, panahan, yang merupakan senjata tradisional, telah bangkit kembali.

Bukan hanya sekedar menarik busur lalu ditembakkan, kegiatan memanah ternyata punya banyak manfaat. Dengan berbagai kemajuan IPTEK, manfaat panahan bisa diketahui melalui uji ilmiah dan medis. Apa saja manfaat panahan itu?

 

Melatih Fokus

Untuk bisa tepat sasaran, tidak semudah kelihatannya lho. Butuh fokus yang tinggi sekaligus pengelihatan yang tajam. Lima meter mungkin bukan masalah tapi, kalau sudah lima puluh bahkan seratus meter, tanpa fokus yang terlatih mustahil akan berhasil. Semakin lama berlatih panahan, semakin jauh jarak yang dikuasai, artinya semakin terlatih juga fokus yang dimiliki. Hal ini akan berdampak baik pada kegiatan sehari-hari, terutama saat belajar. Selain itu, sebagian orang juga memanfaatkan panahan sebagai terapi fokus untuk anak hiperaktif.

 

Meningkatkan Ketahanan

Tidak diragukan lagi, kegiatan ini menguras tenaga cukup banyak, walaupun tidak menimbulkan keringat. Dalam komponen kebugaran, panahan ada di kategori endurance atau ketahanan. Setelah busur ditarik, dalam panahan dikenal istilah aiming atau membidik. Di sini kita mengumpulkan fokus dan mencari titik yang akan ditembak, sambil tetap menahan tarikan busur tentunya. Di saat inilah ketahanan otot tangan dilatih. Dari latihan ketahanan ini, otot halus di lengan menjadi semakin kuat. Karena panahan melatih otot halus, lengan tidak akan membesar dan berotot. Jadi, untuk para wanita, gak usah khawatir akan berlengan besar, ya.

 

Melatih Kesabaran dan Mengontrol Emosi

Kedengarannya mudah namun, sebenarnya sulit dilakukan bila sedang berlatih panahan. Terkadang anak panah tidak tertancap di tengah atau bahkan melenceng ke udara hampa. Hal itu sungguh membuat kesal, apalagi untuk pemula yang ingin cepat bisa. Tapi mau tidak mau harus dihadapi, kan? Dengan terus berlatih panahan ini, emosi kita bisa lebih terkontrol. Lebih sabar untuk berlatih dan menahan kesal bila hasil tidak memuaskan. Satu yang harus diingat: anak panah tidak pernah salah.

 

Meluruskan Tulang Punggung

Gerakan memanah yang baik dan benar bisa membantu meluruskan tulang punggung juga, lho. Badan tegak lurus dengan target dengan wajah menghadap target lalu tangan kanan memegang busur dan tangan kiri menarik senarnya. Kekuatan bertumpu di tulang belikat. Ketika gerakan menarik ini dilakukan, tulang punggung akan dirangsang untuk tegak. Jadi panahan juga bagus untuk kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh.

Demikianlah, beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari panahan. Menggiurkan, bukan? Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bias didapatkan dari olahraga panahan, bergantung aspek nonfisik masing-masing individu. Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar memanah!

 

*) Wanodya Gute Ulayya Amar