ASYIKNYA JADI PEMAIN FILM DILAN 1990

 

Memainkan sebuah peran dalam suatu film tentu menjadi pengalaman yang baru dan menarik, apalagi bila film tersebut diangkat dari sebuah novel. Pemain harus bisa membawakan karakter masing-masing dalam cerita. Hal ini dialami oleh Vanesha Prescilla dan Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan, dua aktor dalam film Dilan 1990. Dalam acara Netz.id mereka ngobrol seru tentang film tersebut dan bercerita bagaimana shooting selama 25 hari di Bandung.

Sebagai pembaca buku Dilan, Iqbaal merasa terkejut ketika ditawari film Dilan oleh Pidi Baiq. Iqbaal bersama Pidi dan juga pihak Maxima Pictures selaku rumah produksi berbincang mengenai visi misi film ini sehingga, pada akhirnya Iqbal menerima tawaran tersebut.

 

Iqbaal dituntut memerankan sosok Dilan, siswa SMA tahun 90-an. Untuk mendalami sosok Dilan, ia banyak mengobrol dengan Pidi Baiq sebagai penulis novel Dilan 1990. Selain itu, Iqbaal pun banyak sharing dengan geng motor Dilan.

”Karena menurut gua, 90-an sama zaman sekarang tuh bedanya di nyali, sih. Kalo zaman dulu tuh lebih sederhana aja dan gak dibawa ribet,” kata pria kelahiran 28 Desember 1999 ini.

Dalam pembuatan film ini banyak orang-orang yang hidup pada era 90-an sehingga, membantu Iqbaal dalam memerankan sosoknya sebagai Dilan. Misalnya, fashion stylist film Dilan merupakan murid SMAN 3 Bandung angkatan 1991 yang suatu hari membawa buku tahunan dan memperlihatkan bagaimana style, cara berjalan, pose-pose, dan gaya pacaran pada era itu.

Sebagai profesional, Iqbaal berusaha semaksimal mungkin membawakan bagaimana sosok Dilan yang ada dalam novel. Selain itu, yang takkalah penting adalah membawakan suasana 1990-an agar hadir di filmnya.

 

Sementara bagi Vanesha Prescilla yang berperan sebagai Milea, kesempatan ini merupakan pengalaman pertamanya di dunia seni peran. Walau awalnya merasa ketakutan, namun akhirnya Vanesha dapat melakukannya dengan terus belajar dan bertanya. Menurut Pidi Baiq, Vanesha sudah seperti sosok Milea yang dia pikir.

“Di film ini tak hanya berbicara tentang cinta dan romantisme saja, tetapi juga tentang keluarga, tentang bela negara, dan solidaritas juga,” jelas Vanesha.

Dilan 1990 mulai tayang di bioskop-bioskop Indonesia pada 25 Januari 2018 mendatang. Film adaptasi novel Pidi Baiq ini merupakan film yang menceritakan kisah dua anak remaja tahun 90-an dan kesederhaaan cinta mereka. Selain Iqbaal dan Vanesha, film ini juga turut menghadirkan pemain lain seperti Yoriko Angelina, Zulfa Maharani, Refal Hadi, Omara Esteghal, dan Steffi Zamora. (RS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *