FIB Unpad ─ Berangkat dari apresiasi, Departemen Hubungan Internal BEM Gama FIB Unpad menyelenggarakan FIB Awards 2017, Kamis (26/10) lalu. Membawa tajuk “Lead to the Better Future”, Aula PSBJ FIB Unpad dibuat meriah malam itu. Acara ini dihadiri oleh segenap masyarakat FIB. Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Drs. Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D, beserta jajarannya pun turut meramaikan acara tersebut.

FIB Awards 2017 adalah yang pertama kali di FIB Unpad dan akan menjadi acara tahunan BEM Gama FIB. Himpunan Mahasiswa Sastra Arab (Himasa) menjadi himpunan yang paling banyak menerima penghargaan. Himasa membawa pulang penghargaan Hima Terbersih, Hima Paling Kontributif, dan Kaderisasi Terbaik. “FIB Awards adalah malam apresiasi bagi mahasiswa, himpunan mahasiswa, UKM, maupun komunitas FIB. Penilaian-penilaian pemenang didapat dari kerja sama Hubin dan departemen-departemen di BEM Gama FIB dan melibatkan pihak dekanat. Acara ini diselenggarakan karena banyaknya mahasiswa yang sudah membawa nama FIB hingga tingkat internasional tapi tidak merasakan apresiasi dari pihak dekanat,” jelas Dani Afdiansyah, ketua pelaksana FIB Awards 2017.

Ada 4 kategori lainnya yang diperebutkan warga FIB Unpad, yaitu Hima Berprestasi yang diraih oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Perancis (Himaper), Soskem Terbaik yang diraih oleh Paguyuban Mahasiswa Sastra Sunda (Pamass), Akademisi terbaik (Tanty Riani, Shofwan A., dan Robi Afrizan), dan PKM Terbaik dengan judul “Relevansi Masakan Rendang dengan Filosofi Merantau orang Minangkabau” (Hana Hanifah, Robi Afrizan Saputra, dan Ghina Siti Ramadhanty). “Acara ini bagus sekali, dimana di fakultas lain belum tentu ada. FIB Awards merupakan bentuk apresiasi nyata dari BEM Gama FIB Unpad untuk seluruh warga FIB,” ujar Maarif, Sastra Arab 2016, saat ditanya kesan terhadap FIB Awards 2017.

Acara ini dimeriahkan juga oleh penampilan-penampilan yang tak asing lagi di telinga masyarakat FIB, seperti Angklung FIB Orchestra, Musikalisasi Puisi oleh Himasa sebagai pemenang Olimpiade FIB 2017, dan penampilan solo vocal dari Marsya Karlina yang menyumbangkan medali emas untuk FIB di bidang solo vocal di perhelatan Forsi Unpad 2017.

“Harapannya acara ini bisa memotivasi himpunan dan mahasiswa lebih berprestasi, mengembangkan potensi, dan bisa lebih baik,” pesan Maarif untuk FIB Awards selanjutnya, “Semoga nominasinya bisa diperbanyak lagi, seperti dalam bidang olahraga dan UKM, dan juga semoga penilaiannya lebih objektif dan terbuka.”

Akan jadi seperti apa FIB Awards tahun depan?. “BEM Gama FIB akan bekerja sama lebih intens dengan pihak dekanat berupa adanya piala dekan, piala wadek, dan piala-piala manajer lainnya dalam bentuk piala bergilir. Harapannya, semoga FIB Awards menjadi acara yang dinantikan oleh seluruh elemen FIB, baik tingkat individu mahasiswa, UKM, komunitas, dan lembaga komunitas lainnya,” ujar Dani. (SBN)