KAPAN PERPUSTAKAAN KITA AKAN BEROPERASI?

Salah satu sudut dari bangunan CIRSAL. Foto: NAugust

Adakah diantara kalian masih bertanya-tanya tentang bangunan apa yang berdiri di antara Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Ilmu Budaya? Jika ya, sebenarnya bangunan tersebut merupakan bangunan perpustakaan atau Center of Information Scientific Resource and Library (CISRAL) atau Graha Kandaga. Nama Kandaga sendiri diambil dari bahasa Sunda, yaitu tempat untuk menyimpan sesuatu yang sangat berharga. Nama tersebut berkaitan dengan fungsi bangunan sebagai perpustakaan dan pusat kegiatan ilmiah mahasiswa.

Graha Kandaga merupakan bangunan yang berada langsung dibawah tanggungjawab Direktur Sumber Daya Akademik dan Keterampilan. Graha Kandaga menggantikan fungsi dari Graha Soeria Atmadja yang berada di kampus Unpad Iwa Koesoema Soemantri yang kini sudah tak berfungsi sebagai perpustakaan lagi. Bangunan ini memiliki 22 ruangan yang tidak hanya akan difungsikan sebagai perpustakaan, tetapi akan ada museum, café, galeri Unpad, Unpad press, office, ruang kelas, ruang rapat dan ruang diskusi.

Bangunan yang digadang-gadang akan diresmikan pada bulan Februari atau Maret ini nyatanya belum bisa terlaksana. Banyak mahasiswa yang hanya dapat membaca buku di sana tanpa bisa meminjamnya karena sistem pelayanan di perpustakaan tersebut masih belum terlengkapi. Menurut Ibu Sri Rakhmiyati, Public Relations dari CISRAL mengatakan rencananya CISRAL Graha Kandaga akan diresmikan pada bulan Mei karena masih dilakukan proses pelengkapan pelayanan. Jika dilihat dari fisik bangunan, bangunan tersebut masih terlihat belum rapi, masih banyak kertas-kertas yang menutupi jendela-jendela yang digunakan untuk menahan cahaya agar tak merusak koleksi-koleksi yang sudah tertata pada rak-rak buku di perpustakaan tersebut.

Seluruh koleksi buku yang ada merupakan buku-buku yang tadinya berada di CISRAL Graha Soeria Atmadja. Selain koleksi buku, perpustakaan ini mengoleksi juga berbagai majalah, koran, thesis dan disertasi. Tetapi, skripsi tidak ada dalam jejeran koleksi perpustakaan karena jumlahnya yang sangat banyak, sebab perpustakaan ini berencana akan lebih banyak mengoleksi buku-buku dalam bentuk elektronik.

Pegawai Graha Kandaga berjumlah 86 orang, sebagian besar merupakan pegawai yang tadinya bekerja di Graha Soeria Atmadja. Pengunjung perpustakaan mencapai 600-1000 orang perbulan, dengan jumlah pengunjung yang banyak ini semoga perpustakaan benar-benar akan secepatnya diresmikan dan segala sistem pelayanan yang belum tersedia akan secepatnya dilengkapi. (NAugust)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *