EKSPLORASI SUMBERDAYA KOPERASI #1

Peserta sedang melakukan kerja sama dalam memasang puzzle. Foto: Marwah

Jatinangor ̶ Pendidikan perkoperasian biasanya hanya diadakan untuk calon anggota Kopma (Koperasi Mahasiswa) Unpad, namun berbeda halnya pada hari Minggu (26/03) lalu. Kopma Universitas Padjajaran terhubung dengan FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia), suatu forum yang menghubungan antar koperasi mahasiswa se-Indonesia, mengadakan pendidikan perkoperasian untuk mahasiswa Universitas Padjajaran dan tidak terbatas untuk anggota Kopma saja. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang ilmu perkoperasian dan manfaat berkoperasi.

Pada pendidikan tersebut ada tiga materi yang disampaikan oleh panitia, yang pertama adalah tentang ‘apa itu koperasi?’ beserta prinsip-prinsip koperasi dan penerapannya. Kemudian materi kedua yaitu tentang ‘bagaimana cara berpendapat dalam forum atau pada rapat anggota dan yang terakhir materi tentang peran anggota. Dalam penyampaian materi, panitia menggunakan game-game seperti puzzle foto, analogi dari sebuah cerita yang berbentuk seperti komik, juga mencocokkan prinsip koperasi dengan penerapannya.

Puzzle foto digunakan untuk menyampaikan materi agar menarik, tidak membosankan dan lebih mudah dipahami. Setiap game tersebut memilik esensi yang membuat para peserta turut aktif berpendapat dan merasakan manfaat dari game tersebut.

Acara ini dilaksanakan di Pusdiklat Gerkopin (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Koperasi Indonesia) Jatinangor, Lapenkop (Lembaga Pendidikan Perkoperasian), FKKMI dan Kopma Unpad. Acara ini terbatas hanya untuk 40 orang pendaftar pertama, dengan gratis, dan mendapatkan sertifikat. Beruntung untuk peserta yang sudah mendapatkan kesempatan ini, karena bukan hanya sekedar ilmu ataupun sertifikat tetapi jaringan nasional FKKMI dan Lapenkop.

“Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa Unpad umumnya dan anggota Kopma Unpad khususnya dapat memahami sepenuhnya jati diri koperasi serta peran fungsi anggota sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi,” pungkas Ketua Umum Kopma Unpad, Iip Zaenal Mutaqin. Mudah-mudahan dengan diadakannya pelatihan seperti ini dapat meningkatkan orang-orang yang paham terhadap koperasi, serta dapat mengamalkan dengan bergabung koperasi.

 

Marwah, mahasiswa sastra Indonesia 2015

Peserta Pelatihan Anggota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *