MENGENAL COMMA WIKI, KAMUS ISTILAH GAUL, GALAU, DAN KOCAK!

Ilustrasi: Bella Fitriana Handayani

 

Hujan (n.) peristiwa yang tidak diinginkan bagi yang sudah punya pacar tapi dinantikan oleh para jomblo, khususnya di malam minggu. Senin (n.) hari yang nggak pernah salah apa-apa tapi dibenci banyak orang. Sakit (adj.) keadaan kurang menyenangkan di bagian tubuh yang biasanya disebabkan oleh penyakit, virus, atau diputusin. Mantan (n.) yang sudah pergi, tapi kadang datang tiba-tiba di pikiran, kadang datang tiba-tiba ngungkit kenangan. OTW (n.) keadaan di mana kamu masih berkalung handuk atau di bawah selimut, sedangkan teman kamu sudah membusuk di titik pertemuan.

Lucu kan, lucu kan? Dari tiga contoh kalimat di atas, kalian tau nggak itu berasal dari kamus apa? Pasti kalian berpikir kalo itu berasal dari KBBI berbentuk meme ya? Contoh kalimat di atas memang aneh, tapi ini merupakan hasil kreativitas anak bangsa lho. Kejenakaan dan kesesuain isi dengan kisah nyata sangat menarik perhatian banyak pengguna media sosial, khusunya remaja. Karena meme kamus nyeleneh ini sudah bertebaran di media sosial, seperti Path, Twitter, Instagram dan lainya. Nah, langsung aja, meme kamus nyeleneh ini lebih dikenal dengan istilah Comma Wiki.

Comma Wiki adalah meme yang berupa kamus bahasa yang mencanntumkan definisi kata yang menyimpang. Arti menyimpang di sini bukan berarti mengandung unsur negatif dan tak patut untuk diapresiasi. Dengan kata lain, di dalam meme kamus ini hanya ada definisi sebuah istilah yang dikemas selucu mungkin dan menyesuaikan dengan tren di masyarakat, khususnya kaum remaja.

Lalu bagaimana sih awal mula terbentuknya kamus nyeleneh ini? Pencetus Comma Wiki adalah seorang netizen asal Bali bernama Putu Aditya Nugraha. Awalnya, ia menuangkan kreativitas membuat meme kamus bahasa di jejaring sosial Path. Lama kelamaan semakin banyak pengguna Path yang menyebarkan meme buatannya, sehingga menjadi viral di media sosial. Pengertian nyeleneh itu sendiri didapat dari kehidupan atau pengalama yang kekinian. Ia pun mengaku saat membuat meme nyeleneh tersebut hanya untuk joke santai, dan hiburan semata. Tidak untuk menyinggung seseorang. Sementara nama Comma Wiki diambil dari akun twitter-nya @commaditya.

Bagi pengguna yang benar-benar menggemarinya, mereka menamai diri mereka dengan nama “Kamusers” (sebutan untuk penggemar meme kamus). Para “Kamusers” tersebut kerap mengoleksi dan menyebarkan konten dari Comma Wiki untuk tujuan berbeda-beda, baik menghibur maupun memberikan semacam sindiran. Atau mungkin bisa saja menuangkan curahan hati. Karena pada dasarnya, pembuatan meme nyeleneh tersebut merupakan luapan ekspresi serta pengalaman yang pernah dialami.

Konten yang biasanya ada di Comma Wiki adalah definisi kata bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang disangkutpautkan dengan kehidupan sehari-hari. Comma Wiki pula telah dijadikan aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Aplikasi yang telah diperbarui sejak 9 Maret 2015 ini mendapat rating 3,7. Nilai tersebut menunjukkan bahwa sudah banyak orang yang menggunakan dan mengapresiasi karya tersebut.

Dari sekian banyak sisi kelam internet seperti bullying terhadap netizen lain dan sebagainya, Comma Wiki datang dengan konten yang menghibur. Melalui Comma Wiki, kreativitas remaja dapat dituangkan secara sehat dan positif. Rasa estetika sang pembuat meme juga diasah karena selain kata-kata yang menarik perhatian, foto latar belakang tulisan pun dibuat sebagus mungkin agar menarik untuk dibaca. Selain itu, secara tidak langsung Comma Wiki telah menambah varian baru dalam sastra modern yang menyegarkan selain novel dan quotes.

Namun meme kamus jenaka ini ternyata memiliki sisi negatif yang wajib dihindari oleh pembuat maupun penikmatnya. Apabila topik yang hendak diungkit dalam meme cukup sensitif, hal tersebut perlu diwaspadai karena khawatir ada pihak lain yang tersinggung dan menjadi masalah serius. Terlebih Comma Wiki ini memang berisi konten-konten yang mengandung unsur humor, akan berbahaya bila membahas unsur SARA atau nama baik suatu kaum. Maka dari itu, untuk menghindari timbulnya salah paham, lebih baik mengangkat tema ringan namun tetap menghibur. Lebih hati-hati pula dalam penggunaan diksi, jangan sampai menggunakan diksi yang terbilang kasar. Alangkah baiknya, bila ingin membuat kamus nyeleneh seperti ini, jangan dalam keadaan emosi. Karena dengan keadaan emosi semua hal yang tidak baik akan keluar. Lalu sindiran pun dengan mudahnya keluar begitu saja.

Bagi kalian yang ingin mencari bentuk menarik lain dari sastra, mungkin Comma Wiki bisa dijadikan salah satu alternatif. Alternatif ini mungkin bisa menjadi solusi ketika jenuh dengan karya sastra yang terasa terlalu kompleks untuk dinikmati. Meskipun kalian tidak dapat membuat dan mengapresiasi sajak-sajak romantis, kalian tetap dapat menemukan cara lain untuk mengasah kebahasaan melalui Comma Wiki. Karena Comma Wiki adalah tempat para remaja yang ingin mencari hiburan, namun tetap masuk dalam konteks ‘kreatif’. Kalian bisa memanfaatkan waktu luang untuk membuat istilah baru, lalu agar lebih exis dapat pula diunggah ke jejaring sosial masing-masing. Daripada galau-galau nggak jelas, lebih baik isi waktu dengan membuat istilah nyeleneh yang satu ini. Siapa tau doi bisa peka. Setuju nggak? Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat. (KAI/RZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *