Seminar Broadcasting “How To Be A Good Announcer” oleh Bluradio Jatinangor

M. Farhan sedang menyampaikan materi tentang sejarah broadcasting. (Foto: Winda)
M. Farhan sedang menyampaikan materi tentang sejarah broadcasting. (Foto: Winda)

Jatinangor – Sabtu, 7 November 2015, Radio streaming independen FIB Unpad, BLURadio, menyelenggarakan sebuah seminar broadcasting dengan tema “How To Be A Good Announcer”. Seminar ini menghadirkan dua orang pembicara yang sudah berpengalaman dalam bidang radio broadcasting, presenter televisi, Farhan  serta  program director Radio 99ers FM Bandung, Jeremy.

Bertempat di Aula PSBJ FIB Unpad, acara ini dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari peserta yang sekedar ingin tahu mengenai dunia broadcasting hingga peserta yang sudah punya pengalaman menghadiri seminar ini guna menambah ilmu. Acara mulai sekitar pukul 09.15 dipandu oleh duo MC dari BLURadio, Raka dan Raras, diikuti sambutan dari General Manager BLURadio, Rahmat Syah, lalu Ezrani Julinda selaku Project Officer dari seminar ini. Selanjutnya, rangkaian acara terdiri dari dua sesi utama yang diisi oleh kedua pembicara yang memaparkan berbagai info dan materi seputar dunia radio serta sesi tanya jawab dengan para peserta seminar.

Sesi pertama diisi oleh Farhan yang menjelaskan materi tentang sejarah dunia broadcasting secara global dan perkembangan teknologi radio lingkup nasional dan lokal. Alumni FE Unpad ini juga sharing lika-liku perjalanan karirnya sejak awal berkecimpung di dunia radio serta pandangan personal mengenai kondisi industri media, khususnya radio saat ini. Tak hanya itu saja, Penyiar radio Delta FM ini juga menceritakan pengalamannya sebagai satu-satunya penyiar Indonesia yang diundang meliput pelantikan presiden Amerika Serikat Barrack Obama Januari 2009 silam.

Program director Radio 99ers FM Bandung, Jeremy, mengisi sesi seminar berikutnya lewat pemaparan materi tentang “How To Be A Good Announcer”, seperti aspek, kriteria, dan modal utama apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi seorang good announcer. Alumni Fikom Unpad ini juga berbagi tips terpilih menjadi seorang penyiar versi program director, meliputi pembuatan CV yang eye-catching, adanya pengalaman bekerja di dunia radio, influence dalam bersiaran, serta minat dan bakat calon announcer.

“Kami melihat banyaknya penurunan kualitas pada announcer dan anak BLURadio sendiri banyak yang harus di-training ulang. Selain itu kami juga ingin memfasilitasi radio-radio komunitas agar produksi siarannya lebih bagus secara announcer tuh muka depannya radio banget”. tutur Ezrani Julinda, selaku Project Officer ketika ditanyakan perihal tujuan diadakan seminar ini.

Beberapa peserta seminar turut pula mengutarakan uneg-uneg kepada tim Penabudaya setelah seminar berakhir. Salmaa Azzahra (17) contohnya, ia datang dari Cianjur demi mengikuti seminar ini. Ia yang mengaku sebagai pemula di dunia broadcasting sangat mengapresiasi seminar ini. “Acara ini keren banget, narasumbernya juga asik-asik dan udah pada profesional.” tuturnya.

Selain Salmaa masih ada lagi Rizki Purnama Sidik, salah satu murid kelas 2 SMA PGRI Cicalengka yang sudah bergelut di dunia penyiaran. “Acaranya bagus banget, semua yang datang kesini rata-rata pada minat dengan dunia broadcasting kali ya,tamu nya juga yang di undang Jeremy sama Om Farhan yang top banget. Seru banget, top banget, materinya juga menginspirasi buat kita ke depanya.” ujarnya sumringah. Ia juga berharap ke depannya dunia penyiaran Indonesia akan lebih baik lagi.

Acara ini diakhiri dengan games berhadiah yang mengajak beberapa peserta seminar maju ke depan untuk mempraktikan opening siaran radio dengan program-program tertentu. (Winda/Indah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *