Unpad, Unikom, UPI, dan Itenas Catat Kemenangan di Hari Pembuka IFEST 2015

Peserta Ifest 2015 saat sedang bertanding. (Foto : Ihfa Firdausya)
Peserta Ifest 2015 saat sedang bertanding. (Foto : Ihfa Firdausya)

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Padjadjaran, atau bisa disingkat Himatif Unpad, menyelenggarakan kompetisi futsal antarmahasiswa Teknik Informatika se-Bandung Raya. Kompetisi futsal ini termasuk ke dalam rangkaian acara bertajuk “iFest Informatics Festival”. Selain futsal, iFest juga menghadirkan “Accoustic Festival” dan “Hi-Scope”, yakni perlombaan web design untuk SMA/SMK sederajat se-Jawa Barat.

Bertempat di Hall Futsal Bale Santika Unpad Kampus Jatinangor, pembukaan iFest 2015 ditandai dengan pembacaan tilawah, menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya, serta sambutan di antaranya dari ketua iFest yang diwakili oleh Kang Dinan, Ketua Himatif Yusuf Septiananda, Kaprodi S1 Teknik Informatika Unpad Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Kemudian pemukulan gong dan penendangan bola ke gawang menandakan acara ini dimulai.

Kompetisi futsal yang akan berlangsung dari tanggal 12 September sampai 11 Oktober ini menjadi agenda awal dari iFest 2015. Pertandingan pembuka menyuguhkan S1 Teknik Informatika Unpad berhadapan dengan Politeknik Bandung (Polban). Unggul materi pemain membuat TI Unpad dengan leluasa mampu mengobrak-abrik pertahanan Polban. Alhasil mereka sanggup menjaringkan tiga gol tanpa balas di babak pertama. Babak kedua tetap milik TI Unpad, mereka berhasil menceploskan tiga gol tambahan. Unggul jauh membuat TI Unpad mulai mengendurkan serangan, Polban memanfaatkan situasi tersebut dengan membalas tiga gol. Tapi sampai pertandingan usai, Polban tidak bisa mengejar ketertinggalan. TI Unpad menang dengan skor meyakinkan, 6-3.

Pertandingan kedua mempertemukan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dengan Universitas Kristen Maranatha. Unikom langsung mengambil inisiatif serangan di awal laga. Hasilnya, Unikom bisa unggul terlebih dahulu dan menutup jalannya babak pertama dengan skor 1-0. Pada babak kedua permainan praktis dikuasai para pemain Unikom. Sempat berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, Maranatha harus rela gawangnya dijebol lima kali beruntun dan menjadikan skor akhir 6-1 untuk kemenangan Unikom.

Selanjutnya ada pertandingan antara UPI melawan D3 Teknik Informatika Unpad. Unpad berhasil unggul terlebih dahulu saat pertandingan baru berjalan beberapa menit. Namun UPI yang dihuni materi pemain yang lebih mumpuni mampu bermain tenang dan membalikan keadaan menjadi 3-1 dan menutup interval pertama. Pada babak kedua permainan kedua tim tidak banyak berubah, UPI mampu menutup laga dengan kemenangan 5-2. Fachrul, pemain UPI yang cukup menonjol pada pertandigan ini mengaku optimis timnya bisa juara grup.

Pertandingan keempat sekaligus terakhir di hari itu mempertemukan Institut Teknologi Nasioanal (Itenas) B dengan Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB). Mendapat dukungan suporter yang cukup riuh, Itenas B tampil percaya diri. Sempat kesulitan menembus pertahanan ITHB, Itenas kemudian mampu unggul 2-1 di babak pertama. Pada babak kedua, Itenas tampil lebih solid dan tidak terbendung untuk memberondong gawang ITHB lima gol beruntun. Laga pun berkesudahan 7-1 untuk kemenangan Itenas B.

Ditemui di sela-sela jeda antarpertandingan, Ketua Pelaksana iFest 2015 Iqbal Pandailing mengaku event ini merupakan program kerja unggulan dari Himatif di tahun 2015 dan baru pertama kali diselenggarakan tahun ini. Ia menambahkan, “Kalau misalnya memang ini acara (bisa) sukses dan memang (menghasilkan) profit, ibaratnya timbal baliknya bagus buat Himatif, mungkin tahun depan bisa dilanjutkan.” Iqbal juga berharap iFest ini bisa menjadi ajang eksistensi Himatif Unpad dan bisa menjalin silaturahim antarmahasiswa informatika khususnya di Bandung. (Ihfa & Fauziah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *