Peringati Hardiknas: Unpad Lakukan Upacara di Halaman Gedung Rektorat

Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. sebagai pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional. (Foto oleh : Ulfa Kurniasih)
Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. sebagai pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional. (Foto oleh : Ulfa Kurniasih)

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, jayalah pendidikan tinggi, bersemailah inovasi,” tutur rektor baru Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

Momentum Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Sabtu (2/05) diselenggarakan Unpad di halaman gedung rektorat kampus Unpad Jatinangor. Upacara Peringatan Hardiknas yang dimulai pukul 07.30 WIB dihadiri oleh rektor, pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa Universitas Padjadjaran. Bertindak sebagai Pembina upacara ialah rektor baru Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. yang mengusung tema “Dengan hari Pendidikan Nasional, Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”.

Upacara dilaksanakan dengan penuh khidmat dari mulai pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh pasukan Pramuka Unpad, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Mengheningkan Cipta yang diiringi oleh korps SPDC Unpad. Acara dilanjutkan dengan amanat dari rektor baru Univeristas Padjadjaran, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. yang menyampaikan pesan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir yang mengingatkan kita semua betapa pentingnya peningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa.Selanjutnya, ialah nyanyian lagu perjuangan yang dipersembahkan oleh PSM Unpad.

Dalam amanat Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr. yang mengutip sambutan dari Menristek, Prof. Mohamad Nasir, Beliau menyampaikan bahwa untuk bisa menghasilkan tenaga terampil dan inovasi, beberapa hal harus dilakukan oleh perguruan tinggi, yaitu:

  • Pengembangan dan implementasi secara progresif Sistem Penjaminan Mutu internal sesuai dengan SNPT sehingga pada tahun 2019 bisa dicapai 15.000 program studi terakreditasi unggul dan 194 perguruan tinggi terakreditasi unggul.
  • Peningkatan kemampuan sumberdaya manusia, program, dan insentif untuk melakukan penelitian inovatif sehinggga pada tahun 2019 bisa dihasilkan penelitian inovatif dengan technology readiness level 6 sebanyak lebih dari 1.000 prototype (nominal) dan technology readiness level 7 sebanyak 15 (nominal).
  • Peningkatan kemampuan dan pemberian insentif secara progresif pada publikasi internasional sehingga pada akhir tahun 2019 bisa dihasilkan 12.000 publikasi internasional.
  • Melanjutkan hasil penelitian yang telah dihasilkan selama ini dengan proses hilirisasi sehingga pada tahun 2019 akan dihasilkan 30 (nominal) produk yang bisa diproduksi masal.
  • Memperkuat jaringan dengan industri untuk melakukan kolaborasi guna menghasilkan inovasi yang dapat memberikan manfaat ekonomi secara langsung pada masyakat.
  • Bagi PTN-BH terus melakukan program yang terencana dan progresif untuk bisa masuk kedalam 500 perguruan terbaik dunia sehingga pada tahun 2019 ada 5 perguruan tinggi indonesia masuk 500 terbaik dunia.

Meskipun masih ada peserta upacara yang datang terlambat, tetapi secara keseluruhan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diadakan di halaman gedung Rektorat Universitas Padjadjaran berjalan dengan lancar. (RPA/UK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *