Picture1Sebagai mahasiswa, tentu kita tidak bisa mengandalkan pasokan uang untuk membayar uang kuliah dari orang tua. Belum lagi tanggungan hidup selama merantau yang terbilang cukup ganas dalam menguras isi ATM kita.

Dalam hal lain, untuk biaya hidup selama di tanah perantauan misal. Kalian juga bisa menghemat. Usahakan supaya jangan sampai makan di tempat-tempat berplang restaurant atau rumah makan. Biasanya di tempat-tempat seperti itu harganya sedikit mahal. Cobalah cari warung makan atau kantin. Di sana biasanya sedikit miring harganya. Untuk pengalaman, bolehlah mencoba juga makan di restaurant dan rumah makan. Tapi jangan keseringan, nanti kehabisan uang di tengah bulan.

Solusi untuk mendapatkan uang tambahan, kalian bisa berjualan. Tentu berjualan apa saja yang halal dan digemari mayoritas mahasiswa. Walaupun kita semua tahu bahwa hampir seperlima dari mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran, khususnya Fakultas Ilmu Budaya itu berdagang. Entah itu berdagang untuk menambah dana acara atau berdagang untuk menambah dana pribadi. Tapi itu peluang besar, karena kita juga bisa perhatikan bahwa setiap mahasiswa yang berjualan, pasti laris dikerumuni massa.

Lalu untuk biaya kuliah?

Kami punya ide. Lebih tepatnya solusi terbaik bagi kamu mahasiswa di lingkungan Universitas Padjadjaran. Solusi ini bisa dikatakan beasiswa bagi mahasiswa program S1 angkatan 2012 sampai 2014 serta program D3 angkatan 2013 sampai 2014. Namanya ialah Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa BBP-PPA) 2015.

Ada 2.400 mahasiswa nantinya yang berhak menerima beasiswa ini. Maka dari itu, jika kalian memenuhi persyaratan yang akan kami tuturkan ini, segera daftar! Jangan menunda-nunda karena deadline pendaftaran hanya sampai tanggal 25 Maret 2015.

Persyaratan yang harus kalian penuhi untuk mendapatkan beasiswa ini ialah kalian harus menyiapkan beberapa berkas penting yang dirangkap tiga (dibuat tiga, dimasukkan ke dalam tiga map berbeda untuk diserahkan kepada Pusat, Fakultas dan Pihak yang Bersangkutan. Berkas-berkas persyaratan itu ialah:

  1. Surat Permohonan Pengajuan Beasiswa. Sebagai seorang mahasiswa, kamu tentu bisa membuat sendiri surat permohonan beasiswa menurut persepsi dan bahasa kamu sendiri.
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu terbaru yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa a.n. orang tua mahasiswa
  3. 3 surat pernyataan. Yaitu surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain, surat pernyataan tidak sedang cuti kuliah dan surat pernyataan tidak/belum menikah.
  4. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua yang diberi materai bagi wirausaha.
  5. Beberapa berkas yang harus difotokopi. Yaitu fotokopi satu lembar Kartu Tanda Mahasiswa, fotokopi Piagam/bukti prestasi akademik/non akademik, satu lembar fotokopi Kartu keluarga, dua lembar fotokopi halaman depan buku bank BNI/BRI yang masih aktif atas nama kalian sendiri.
  6. Surat rekomendasi dari fakultas. Surat rekomendasi ini nanti kalian dapatkan setelah mengisi pendaftaran online di PaUS ID kalian di laman student.unpad.ac.id .

Oh iya, jadi rute pendaftarannya, kalian buka PaUS ID kalian dan silakan klik beasiswa. Di klik daftar pada kolom beasiswa BBP-PPA 2015. Dari sana kalian (bagi yang belum mendapatkan beasiswa dari sumber mana pun) akan langsung bisa mendaftar. Setelah kalian daftar online, kalian bawa semua berkas tadi (minus surat rekomendasi) kepada fakultas. Nanti akan diverifikasi oleh fakultas dan akan diberikan surat rekomendasinya. Batas pendaftaran online kalian hanya sampai tanggal 25 Maret 2015. Makanya buruan!!!

Setelah mendapat rekomendasi dan diverifikasi oleh pihak fakultas, kalian bawa berkas yang sama (seperti kami sampaikan di awal bahwa semua berkas dibuat tiga rangkap) ke pihak rektorat pada Bagian Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran. Paling lambat tanggal 27 Maret 2015.

Eh, sebelum tertinggal. Kami sampaikan juga bahwa persyaratan lain yang harus kalian penuhi ialah bahwa Indek Prestasi Kumulatif (IPK) kalian tidak boleh kurang dari 2,75. Bagaimana, tertarik bukan? Makanya, segera daftarkan diri kalian. Jangan ditunda-tunda lagi.

Itu info dari kami. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa hubungi tim redaksi kami di penabudayaunpad@gmail.com atau redaktur beasiswa online kami di akrelkhuri@gmail.com. Selamat berburu beasiswa! (KRA)