Berkenalan dengan FIB: Himade, Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang

himade2

“Selamat datang di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Unpad, semoga teman-teman bisa betah dan nyaman menimba ilmu di sini. Jadilah mahasiswa yang proaktif dan peka terhadap lingkungannya. Ayo sama-sama kita belajar hingga ke negeri sakura!”

Kalimat penuh semangat yang teruntai dari ketua himpunan mahasiswa Sastra Jepang, Fahmi Sidiq, merupakan salah satu bentuk kegembiraan atas datangnya mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Unpad, terlebih mahasiswa Sastra Jepang. Himpunan mahasiswa Sastra Jepang yang bernama Himade (Himpunan Mahasiswa Sastra Djepang -ejaan lama, red-) merupakan salah satu himpunan yang terdapat di FIB yang mewadahi segala bentuk aspirasi dan kegiatan mahasiswa sastra Jepang, baik secara akademik mau pun non akademik.

Mahasiswa Himade terdiri atas dua golongan, yaitu mahasiswa aktif dan mahasiswa pasif. Untuk dapat menjadi anggota pengurus Himade, tentunya calon pengurus harus menjadi mahasiswa yang aktif. Mahasiswa aktif merupakan mahasiswa yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan masa bimbingan dengan presentase minimal 80% kehadiran. Nah, setelah ditetapkan sebagai mahasiswa aktif, calon pengurus akan mengikuti kegiatan LDKM yang disebut dengan TOWER. Kegiatan TOWER terdiri atas latihan dasar kepemimpinan, materi leadership, teambuilding, dinamika kelompok ,dan sejenisnya.

Keuntungan menjadi mahasiswa aktif selain bisa menjadi pengurus himpunan, mahasiswa aktif juga dapat mengikuti klub-klub atau kepanitian dibawah himpunan dan bisa mencalonkan diri menjadi ketua himpunan. Sedangkan, mahasiswa pasif hanya bisa menikmati acara yang Himade selenggarakan saja.

Himade mempunyai banyak agenda acara yang diselenggarakan pada tahun ini. Acara-acara besar yang terselenggara antara lain Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang sudah terselenggara pada semester awal tahun.Dua acara acara lain yang dilaksanakan oleh bidang Soskem, yaitu Donor darah “SWITCH” dan Goes To Campus Unsada.Selain itu, ada acara Funhimadays, yaitu sejenis turnamen olahraga angkatan, dan PlanD (Pekan Keterampilan Himade). Berbeda dengan acara sebelumnya,kegiatan ini dilaksanakan oleh bidang Mikat (Minat dan Bakat).

Pada semester depan, Himade berencana mengadakan acara Jikoshoukai, yaitu acara pembekalan mahasiswa baru sekaligus pengenalan lingkungan kampus PSBJ yang dilaksanakan oleh bidang Soskem. Selain itu, ada acara masa bimbingan “HACHI” (Hangatnya Cinta Himade) yang dilaksanakan oleh bidang PSDMO. Untuk masa bimbingan, Himade membagi acara menjadi 2 sesi. Sesi pertama bernama benkyou pagi, yaitu kegiatan berupa pembelajaran bahasa Jepang dasar untuk para mahasiswa baru. Sedangkan sesi kedua disebut Mabim sore,yang berisikegiatan pengenalan budaya Jepang, keorganisasian, dan sejenisnya.

Selain itu, ada juga acara Plastik (Perjalanan Jurnalistik) yang diadakan oleh bidang Medfo (Media dan Informasi), yang rencananya tahun ini akan berkunjung ke Metro TV. Untuk acara terbesar, Himadesiap menggelaracara tahunannya yaitu Fesbukan (Festival Budaya dan Pendidikan). Pada agenda Fesbukan ke 3 tahun ini, akan ada lomba bahasa Jepang tingkat SMA serta festifal Jepang (Matsuri) dengan mengusung tema “Sister City: Bandung-Hamamatsu.”

Itulah seputar profil, kegiatan, dan acara Himade. Sekali lagi, selamat datang mahasiswa baru Sastra Jepang. (UK/DR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *